Senin, 20 Agustus 2012

sekilas info tentang puasa dibulan ramadhan

Wahai saudaraku sekalian,..
ketahuialah sebaik-baiknya bulan adalah bulan ramadhan,dan sebaik-baiknya hari adalah hari jum'at. Bulan ramadhan adalah bulan yang suci,pada bulan ini allah swt melipat gandakan pahala sebanyak-banyak nya,dan melipat gandakan dosa sebesar-besarnya. karena di bulan ini ada satu syariat wajib bagi umat muslim yang merupakan salah satu dari rukun islam yaitu PUASA.

Wahai saudara ku,ketahuilah...!
bahwa puasa merupakan sarana yang bertujuan untuk menguji ketaqwaan umat muslim,sebesar manakah ketaqwaannya kepada allah swt.
dan tujuan akhir dari puasa adalah mencetak umat-umat yang bertaqwa kepada allah swt

Wahai saudaraku....
keutamaan bulan ramadhan sangat banyak,diantara nya di sebuatkan dalam hadist;
Rasullah saw bersabda ; "barang siapa yang berpuasa pada bulan ramadhan,dengan iman dan mengharap pahala dari allah swt,diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu."

ada yang lain; "barang siapa yang shalat malam pada bulan ramadhan,dengan iman dan mengharap pahala dari allah swt,di ampunilah dosa-dosanya yang telah lalu."

ada yang lain; " barang siapa yang shalat malam pada malam lailatul qadar,diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu."

hadist diatas menjelaskan bahwa 3 perbuatan tadi bisa menghapus dosa-dosa yang telah lalu.

tetapi ketahuilah saudaraku...! bahwa 3 perbuatan tadi  hanya bisa menghapus dosa-dosa kecil,tidak bisa menghapus dosa-dosa besar.

karena menurut riwayat hadist,dosa-dosa besar hanya bisa dihapus di padang arafah tatkala haji. disana menangislah,minta ampunlah dengan sebenar-benarnya karena takut kepada allah. insyaallah akan diampuni.

dan apa itu dosa kecil? besar?
baca selengkapnya


dosa kecil adalah perbuatan salah yang tidak mendapat hukuman di dunia,ancaman diakhirat,
dan adzab khusus di akhirat. contohnya; zina mata,gosip,dll

dosa besar adalah perbuatan salah yang mendapat hukuman di dunia,ancaman diakhirat,dan adzab khusus diakhirat. contohnya; membunuh,berzina kemaluan,mabuk,dll.

wahai saudaraku....kethuilah!

nabi muhammad saw bersabda: "berapa banyak orang yang berpuasa,yang tidak mendapatkan pahala dari puasa nya kecuali hanya rasa lapar dan haus."
hal ini terjadi karena mereka banyak melakukan hal-hal yang bisa mengurangi pahala puasanya, sehingga mereka tidak sedikitpun mendapat pahala dari puasa,kecuali hanya rasa lapar dan haus.

mereka selalu berbohong,bergosip,berzinah mata,dll tatkala puasa,hal-hal seperti ini yang dapat mengurangi pahala puasa,bahkan bisa menghilangkan pahalanya.

yang membatalkan puasa 2 hal:
1) memasukan sesuatu kedalam mulut (makan dan minum)sebelum waktunya berbuka.
2)berhubungan suami istri bukan pada waktunya.
hal-hal lainnya hanya  mengurangi pahala puasa bahkan menghilangkannya.

 tetapi saya sangat lebih perihatin kepada yang mengaku mulim,tapi ia dengan sengaja tidak puasa dibulan ramadhan,tanpa ada sebab-sebab yang boleh untuk meninggalkan nya,kenapa saya sangat perihatin??

karena 1 hari puasa yang ia tiggalkan tidak bisa diganti walaupun dengan 1thn penuh,laknat allahlah bagi mereka yang dengan sengaja tidak berpuasa dibulan ramadhan.
tidaklah yang mereka makan tatkala itu dengan enak,melainkan api neraka yang sangat panas yang menyala-nyala,tetapi mereka tidak mengetahui.

Wahai saudaraku.....

Memang dalam puasa ramadhan boleh ada yang tidak berpusa,tetapi harus mengganti dengan puasa dihari-hari yang lain atau dengan membayar fidyah(bayaran yang harus di bayar bagi mereka yang tidak puasa) sebesar 2,2kg beras untuk 1 harinya.

diantara yang boleh untuk tidak berpuasa dibulan ramadhan:

1)bagi mereka yang sakit,dan dalam perjalan,yang jika pada keadaan kedua-duanya mereka tidak mampu untuk berpuasa.

2)dan bagi mereka yang sudah tua,yang tidak mampu untuk berpuasa.

3)dan bagi siapa saja yang merasa sangat berat dalam melaksanakannya dengan syarat harus membayar fidyah,seperti disebutkan diatas.
 
 Wahai saudaraku....dan ketahuilah!

bahwa pahala shalat malam(tarawih) dibulan ramadhan sangat besar,tetapi kebanyakan mereka melalaikan shalat ini,seandainya mereka tahu besar pahalanya,pasti mereka akan melaksanakannya walaupun harus merngkak-rangkak (bagi yang tidak punya kaki) dari rumah menuju masjid karena besar pahalanya.

pahala shalat malam dibulan ramadhan tidak sebanding dengan capek dan lama shalatnya,kita logikakan sepeti ini:

saya mempunyai uang 1m dan 1mobil mersi,saya akan kasih untuk anda jika anda mau jalan kaki dari serang ke pandeglang? apakah anda mau? hanya orang gila,dan bodoh yang tidak mau dan menolak,uang 5juta saja belum tentu anda punya,apalagi mobil.

paling jalan kaki dari serang ke pandeglang hanya capek beberapa jam saja,setelah itu anda mendapat uang 1m dan 1 mobil mersi.

tetapi saya tanya pada anda,besar mana uang 1m dan mobil mersi bila dibandingkan dengan pahala yang allah janjikan diakhirat bagi mereka yang melaksanakan shalat malam di bulan ramadhan??.
jauh sangat tidak sebanding bila dibanding-bandingkan!

maka dari itu,dibulan ramadhan janganlah kita sia-siakan untuk melakukan hal-hal yang tidak berguna,apalagi maksiat. perbanyaklah amalan-amalan baik!
menyesallah anda jikalau sudah menyia-nyiakan bulan ramadhan,belum tentu anda akan bertemu bulan ramadhan ditahun depan.

Silahkan komentar dengan akun Facebook Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar